Pendidikan Dasar Satuan Karya Pramuka

26 11 2009

Pendidikan Dasar Satuan Karya Pramuka
Salah satu program dari gerakan pramuka kwartir ranting cimalaka kabupaten sumedang adalah program kesakaan, Saka adalah Satuan Karya Pramuka adalah wadah pendidikan kepramukaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang kejuruan, serta meningkatkan motivasinya untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya, serta bekal pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara, sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan, dalam rangka peningkatan ketahanan nasional.
Jenis saka yang ada di kwartir ranting cimalaka adalah,
1) Saka bakti husada, satuan karya tempat peningkatan dan pengembangan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kecakapan dan pengalamannya dibidang kesehatan.
2) Saka bhayangkara, satuan karya tempat peningkatan dan pengembangan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kecakapan dan pengalamannya dibidang kebhayangkaraan (keamanan dan ketertiban masyarakat).
3) Saka keluarga berencana, disingkat saka kencana, satuan karya tempat peningkatan dan pengembangan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kecakapan dan pengalamannya dibidang kependudukan dan keluarga berencana.
4) Saka tarunabumi, satuan karya tempat peningkatan dan pengembangan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kecakapan dan pengalamannya dibidang pertanian.
5) Saka wanabakti, satuan karya tempat peningkatan dan pengembangan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, kecakapan dan pengalamannya dibidang kehutanan.
Sebelum anggota pramuka masuk dalam anggota biasanya anggota harus mengikuti Pendidikan Dasar saka terlebih dahulu, untuk mengefesienkan waktu Pendidikan dasar saka di kecamatan cimalaka kabupaten sumedang dilaksanakan secara bersamaan sejak tahun 1997. Tidak kurang dari 100 orang anggota pramuka yang ingin masuk anggota saka.
Bace camp
Saka saka tersebut diatas mempunyai base camp masing masing tempat para anggota berlatih yaitu:
1) Saka bakti husada,di Puskesmas Cimalaka Jalan Cimalaka Tanjungkerta.
2) Saka bhayangkara, di Polsek Cimalaka di Cibeureum Jalan Cirebon Bandung
3) Saka keluarga berencana, kantor PLKB Cimalaka di Komplek Kecamatan Cimalaka
4) Saka tarunabumi, Di Kampus SPP SPMA Sumedang
5) Saka wanabakti, Asper Tampomas Jalan Cimalaka Tanjungkerta.
Prestasi anggota saka dari kecamatan cimalaka tersebut cukup memuaskan
1) Saka bakti husada,mengikuti Perti tingkat nasional (perkemahan bakti) di Gorontalo tahun 1996 dan 2007 di Jantinaggor Sumedang
2) Saka bhayangkara, Perti tingkat nasional (perkemahan bakti) Jawa Timur Tahun 1998
3) Saka keluarga berencana, Perti tingkat nasional (perkemahan bakti) sumatera barat tahun 1997
4) Saka tarunabumi Perti tingkat nasional (perkemahan bakti) Jawa Tengah Tahun 1996 dan di Jakarta Tahun 2007
5) Saka wanabakti, Asper Tampomas Jalan Cimalaka Tanjungkerta Perti tingkat nasional (perkemahan bakti) Jakarta tahun 1998 dan mengikuti PW (perkemahan Wirakarya di Kalbar Tahun 1995)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: