Sebuah Jawaban

21 01 2010

1. Sebuah Jawaban
Tokoh
Tansyah : Abdul Gani
Agus : Bapa
Sefi : Ibu
Agus : Bapa Guru
Konflik’s
1. Anak tidak mau sekolah ( ibu=Nia, anak=doni)
2. Petani yang menyapa
3. Pemuda yang lagi mabuk-mabuk dan judi
4. Pasaran
5. Tabrakan
Abdul gani adalah seorang anak kelas X madrasah hidup sederhana dengan kedua orangtua, setiap hari berangkat sekolah dengan memakai sandal jepit dan baju lusuh dengan jalan kaki melewati pesawahan, dijalan sering menemukan konflik seperti, pemuda yang mabuk, anak meninggal karena narkoba dan anak sekolah yang kecelakaan lalu lintas akibat dari tidak taat pda peraturan lalu lintas. Sesampainya disekolah Gani datang hampir kesiangan pas bel beberbunyi.

Adegan 1 rumah

Gani : Pa Bu doakan gani akan berangkat sekolah
Bapa : iya anakku, mudah-mudahan kamu selamat dijalan
Ibu : nak ibu ga bisa memberi uang jajan
Gani : Kan sekarang kamis bu gani puasa bu
Ibu : iya ibu lupa, selamat ya nak
Gani : iya bu, assalamualaikum
Ibu Bapa : waalaikumm salam

Adegan 2
Bertemu ua
Jang mau sekolah??
O uwa , iya wa…ujangsekolah dulu ya..!!
Ujang harusharus jadi orang , gak kayak uwa yang hanya jadi petani begini.
Insya allah wa
Adegan 3
Anak ditampar ibunya karena tidak mau sekolah
Adegan 4
Pemuda yang sedang mabuk
Adegan 5
Orang meninggal

Gani bertanya : ini orang siapa uyang mennggal pak??
Bapak tua : o, itu si Franki anakny pak joni katanya si keanduan narkoba.

Adegan 6
Anak tabakan motor
Adegan 7
Kekerasan rumah tangga
Adegan 8
Sampai ke sekolah

2. Cinta Suci
Pelatih : Nouval zan m
Pesilat :
Eka
Oon
Dede
Lisna
Sri
Dan teman teman
Suci adalah seorang siswa cacat tetapi semangat dan cita-citanya sangat tinggi, dia mengikuti ektrakurikuler pencak silat meski kakinya tidak normal seperti yang lain dan menjadi bahan ejekan dari teman-temannya. Diakhir cerita suci menjadi duta kabupaten mengikuti perlombaan pencak silat tingkat nasional dan juara.
Adegan 1
Setting : Lapangan
Salam
Doa
Adegan 2
Suci datang .
Suci : Assalamu’alaikum.,pak.maaf suci terlambat.
Pelatih : Kenapa kamu terlambat??
Suci : anu pak,bantu Ibu dulu
Pelatih : silahkan masuk barisan.

Adegan 3
Sucipun masuk barisan, dan di tengkas sam lisna.dan ia pn ersungkur jatuh,,temen-temenya menertawakan,
Suci : maaf…….!!
Lisna : kalau jalan liat-liat dulu dong, dasar pincang loh.
Sucipun duduk
Pelatih : para siswa ada berita dari sekolah bahwa pekan olahraga pelajar akan dilaksanakan
Pada bulan depan, untuk cabang pencak silat kita seleksi dulu disekolah. Hasil seleksi itulah
Yang menjadi utusan ke tngkat Kabupaten, maka dari itu kita harus terus belatih dengan
penuh semangat .
Adegan 4
Semua anak-anak merasa senang.rame-rame….
Suci : Pak Mohon ijin bertanya!.
Pelatih : Silahkan suci…!
Suci : pak .Apakah suci bisa ikut seleksi?
Lisna : e yang bener aja,ini kan Cuma buat orang yang yang normal,
Oon : iya, kalu pincang jadi penonton aja.
Pelatih : sudah-sudah..semuanya akan akan iku seleksi teramsuk kamu..suci!!

Adegan 5
Pelatih : silahkan peragakan jurus tunggal yang sudah diajarkan minggu kemarin.
Dan mulai hari ini sudah diadakan penilaian.

Adegan 6
Peragakan jurus
Adegan 7
Waktu istirahat..
Lisna : sepertinya aku yang akan jadi utusan sekolah ya
Oon : iya sepertinya, tadi kamu maennya bagus, tapi si suci juga bagus
Lisna : alah si pincang itu ga bakalan menang, masa pa rudi memilih orang cacat
Sri : lis kok kamu gitu banget si sama suci.kan dia juga temen kita juga.
Lisna : suka-suka gue donk..emangnya lu siapa??berani ma gue.
Oon : ia lu ikutcampur urusan orang aja
Lisna : kamu brani ma gue? Sini kalau kamu brani
Siti : Sudah, sudah jangan brantem buat apa kita ikutan silat kalau ga bisa
Nahan hawa nafsu

Adegan 8

Hari ini bapak akan mengumumkan siapa orang yang akan menjadi utusan dari sekolah kita untuk maju ke tingkat kabupaten.

3. Perjananan Ini
Pa Syukur : Peri Hidayat
Jaka : Nouval
Anshor : Doni
Karim : Agus
Hamka : Adi
Cahaya : Nurfitri
Tasya : Elsa
Ramah : Eka
Hijab : Sefi

Suatu saat di sekolah pa syukur mengumumkan rencana kegiatan petualangan sebagai syarat anggota penegak garuda. Jaka seorang anggota pramuka yang orangnya tapi sombong. Tidak aneh bila ia selalu menghina rekan-rekannya . 8 orang sisiwa calon anggota berangkat ke gunung karang. Setelah sampai di gunung karang mereka mendirikan tenda dan istirahat bapa Pembina mulai merencanakan perjalanan malam, jaka yang sombong mendapat kecelakaan dan terpeleset ke jurang. Kakak Pembina dan anggota yang lain menolong jaka, akhirnya jaka sadar dengan kesombonganya itu.

Adegan 1

Anshor : ka km bawa apa sich banyak banyak banget
Jaka : eh tau ga, aku bawa semuanya pelengkapan naek gunung, kan kakak aku anggota PA
Semua perlengkapan aku pinjam, kamu bawa apa saja?
Anshor : aku hanya bawa sarung, kupluk dan makanan itu aja
Hamka : hehehe kamu seperti yang mau meronda bawa sarung segala.
Karim : kamu udah pernah naik gunung ini?
Jaka : meski aku belum pernah, tapi segala tempat udah dikasih tau, ah gampang aja
Meski tempatnya bertebing tapi tingginya ga seberapa

4. Tulus
Tokoh
Bapak Guru : Dadan
Halimah(istrinya) : Nurasiyah
Fitri : Fitri Lestari
Oman : Agus
Su’eb : Nouval
Produser( Susilo) : Hijran
Yang punya rumah : Tansyah
Oon
Lisna

Dalam suatu pelajaran kesenian

5. Kuburan Siapa???
Tokoh :
Guru : Ajat (XI BHs)
Bunyamin : Doni
Mahmud : Agus
Wartono : Nouval
Juragan Abuy : Adi
Mang kosim : Agus (X1)
Kades : Hafidz
Hansip : Mahendra

Tema : Konflik faham masyrakat wam dan agamis mengenai sesembahan pada kuburan yang ak tentu penghuninya
Adegan 1
Cerita ini diawali dengan sekelompok anak yang sedang belajar ilmu fiqih dikelas dan dipimpin oleh seorang guru yang bernama pak ismail ( Ajat sudrajat, xi bahasa), yang lengkapnya adalah Drs. H. M. Ismail farid alaysi, yang terkenal dengan ilmu agamanya yang begitu tuinggi dan dikeal masyarakat.
Ditengah pelajaran Yusuf ( Doni, x-3) seorang anak mungil, lucu, dan pemberani teringat dengan sesuatu yang pernah dia alami dan sesui dengan yang diutarkan oleh pak ismail

Adegan 2
( adegan dialihkan pada cerita beriut ini) ,ketika itu yusuf, Mahmud, dan ahmad sedang berjalan menuju hutan gunung bukit tunggul , capek karena jarak hutan itu yang sangat tingi membuat mereka harus mengistirahatkan dulu, namun diela-sela rasa capek yang tak tertahankan yusuf meliha sekelompok orang mengelilingi sebuah batu berbalut kain putih, ih sereem piker yusuf .yusuf tidak memberitakan pda temannyha, mereka meneruskan perjalanan.

Adegan back to 1
( adegan kembali pada kelas belajar).tak mernunggu lama yusuf mengajukan pertanyaaan untuk itu, ‘pak giman kalau da orang – orang yang suka minta –minta pada kuburan ??””, musrik juga kan??,Tanya yusuf tegas.”tentu” tegas seorang guru besar itu,
Pak ismail :Dalam sebuah ayat dikatkan”……………………………”.
Adegan 3

Berkumpul mererncanakan misi pemberantasan kemusyrkan.
Mahmud : Eh bener kamu pernah liat tempat musyrik itu??
Wartono : la ya iya, benerr.tepatnya diujung huatn sana, daa pohon yang besar ,
dibawahnya ada pohan yang dikerudungi kaen putih.
Bunyamin : ih maraenmah suka riwueh saja.atuh kita bikinkumpuilan kayak organisasi , urang ngaranan GAM.
Mahmud : la ta kok GAm kita nanti kita disagka sepratis
Bunyamin : yeh, bukna gam itu, tai gerakan anti musyrik.
Wartono : iya setuju, besok kan keis sore, kalau emis sore kan suka banyak yang pada kekuburan , kita besok beaksi Yaa!!!

ADegan 4
Siap unk beangkat

Adegan 5
Ditempat sudah ada orang.
Mang kosim : ini juragan yang namanya kuburan eyang buyut iteuk.yang konon dluny adalh orang sakti mandra guna.sok silahkan juragan mau inta apaaa saja,bebas lah jeung amang mah.( simang lang sung enyem-menyem)
Adegan 6
abuy langsung minta permintaan.
Abuy : bah aku datng uk eminta agar perusahanan abuy jangan samapai bangkrut, dan yag kedua abuy mau minta jodo, karena udah tuaa belum kawin.
Lau dijawab boleh si Mahmud yang ada dibelakang batu itu

Adegan 7
Batu dihancurkan, dan ketahui hancip dan mereka dibawa ke balai Desa
Hancip : Lapor, pak kades.!..terjadi kasus penghancuran kuuran keramat.anak-anak in kelihatan sedang menghncurkan kuburan, padahal kuburan itu menjadi PAD bagi Desa kita.
Pa Kades : hah, apa-apaan kalian.bisa=bisa kalian dlaknat.
Wartono : bapa atau saya yang dilaknat.??
Pak Kades : maksud kamu??

000000000000000000000000000000000000000000000000000000000


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: