Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci MAN 1 Sumedang

26 11 2009

Pencak Silat adalah kata majemuk. Pencak dan Silat mempunyai pengertian yang sama dan merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat pribumi Asia Tenggara (Asteng), yakni kelompok masyarakat etnis yang merupakan penduduk asli negara-negara di kawasan Asteng (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura). Kata Pencak biasa digunakan oleh masyarakat pulau Jawa, Madura dan Bali, sedangkan kata Silat biasa digunakan oleh masyarakat di wilayah Indonesia lainnya maupun di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam serta di Thailand (bagian Selatan) dan Filipina.
Penggabungan kata Pencak dan Silat menjadi kata majemuk untuk pertama kalinya dilakukan pada waktu dibentuk suatu organisasi persatuan dari perguruan Pencak dan perguruan Silat di Indonesia yang diberi nama Ikatan Pencak Silat Indonesia, disingkat IPSI pada tahun 1948 di Surakarta.
Tapak Suci adalah Perguruan Pencak Silat terbesar di dunia dengan jumlah anggota sekitar 3 juta orang tersebar diseluruh belahan dunia seperti di Singapura, Belanda, Jerman, Amerika, Afika serta Negara Arab. Tapak Suci juga merupakan termasuk Perguruan pendiri IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).
Sejak tahun 1985an Ekstrakuriler Tapak Suci di MAN 1 Sumedang ini dijalankan dengan seorang guru juga Ketua Tapak Suci Sumedang Bapak Eyang Syarief (53 Tahun) atau nama aslinya Drs. K.Supriadi, MSc yang sekarang menjadi anggota DPRD Kabupaten Sumedang dikenal dengan nama Eyang. Dulu MAN 1 Sumedang adalah PGAN Sumedang pada Tahun 1991 berubah menjadi MAN 1 Sumedang.
Tapak suci di MAN 1 Sumedang telah mencetak atlit-atlit Pencak Silat di Kabupaten serta mengikuti pertandingan dan kejuaraan pencak silat diantaranya:
1. Pekan Olahraga Pesantren Nasional (POSPENAS) di Garut
2. Pekan Olahraga Pelajar Wilayah III Cirebon di Cirebon dan Sumedang
3. Pra Porda Kabupaten Sumedang
4. Pra Porda Kabupaten Ciamis
5. Pekan Olahraga Pelajar Kab. Sumedang
6. Kejurbar Pencak Silat IPSI Jawa Barat, Bandung
7. Kejuaraan Wilayah Tapak Suci Jawa Barat di Bekasi
8. Kejuaraan Nasional Tapak Suci Di Bekali dan Yogyakarta
9. Porseni Pelajar Sumedang
10. Kejuaraan Antar Pelajar Se-Kab. Sumedang
Dari beberapa kejuaraan tersebut, Alhamdulillah Tapak Suci MAN 1 Sumedang banyak menyumbangkan, medali untuk sekolah, kabapaten, dan propinsi serta perguruan. Sekitar 50 orang siswa MAN 1 Sumedang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat tersebut.
Sekarang Tapak Suci dilatih oleh pelatih muda yang juga guru MAN 1 Sumedang yaitu Ismail Farid S.Pd (30 Tahun) , sebagai Pembina sekaligus yang juga selaku pengurus IPSI Sumedang dan pengurus Tapak Suci Kab. Sumedang dan Jawa Barat. Dengan kelakar kang ima (sebutan Pa Ismail Farid) ikutan silat itu 7 S, apa 7 S Sulat, Silat, Saban, Sore, Supaya, Sehat, Salawasna.
Meski Tapak Suci dilahirkan oleh Muhammadiyah, tetapi di MAN 1 Sumedang tidak membeda-bedakan organisasi keagamaan yang penting anak-anak bisa menyalurkan bakat dan minatnya bahkan siswa diluar MAN 1 Sumedang juga banyak diminati oleh siswa sekolah luar seperti SMAN 1 Cimalaka, SPMA Sumedang, SMK Muhammadiyah 1 dan 2 serta SMPN 1 Cimalaka. Dalam pertandingan olahraga, tapak suci tanpa memakai alat pelindung badan (bodi protector)
Hehehe kira-kira sakit ya di pukul dan di tendang orang???? Ngeri juga ya……


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: