Transkripsi Naskah Kabaret “ Gagal Kawin”

21 01 2010

Transkripsi Naskah Kabaret “ Gagal Kawin”
ADEGAN 1
Setting : di sebuah kerajaan kunti
Deskripsi Suasana : Ratu sedang binggung bagaimana caranya menghadapi anaknya putri kunkun agar segera nikah.

1. Ratu :kunkun kunkun
2. Putri :ada apa mama
3. Ratu :mama mau tanya kapan kamu mau kawin
4. Putri :kawin, hahaha kawin belum mikir ma,kan kun masih cekolah ma,
Maksud kun bila ilmu santet dan ilmu pelet dah dikuasi baru kun nikah, gt lho mah
5. Ratu : uh dasar anak jaman sekarang susah diatur, begini kunkun mama sudah tua,
siapa lagi yang akan melanjutkan kerajaan kunti ini selain kamu
6. Putri : ya ya ya mungkan gini aja ma ijinkan putri untuk berpikir ma
7.Ratu : Ya Mama ijinkan mama beri waktu 1 minggu. Ok

Satu minggu berlalu

ADEGAN 2
Setting : di halaman kerajaan kunti
Deskripsi Suasana : Ratu mengajak berunding penasehat kerajaan

Ratu : Penasehat, hi hi hi hi (ketawa)
P : ya paduka eh eh eh (ketawa tapi agak malu-2)
Ratu : beritakan keseluruh negeri bahwa minggu depan akan dilaksanakan
sayembara
P : ampun tuanku eh eh eh , sayembara apa paduka, sayembara paduka mau nikah lagi
Ratu : hah jangan gegabah kalo ngomong hi hi hi , itu si kunkun mau saya nikahkan
P : ampun tuanku Ratu kunkun mau nikah eh eh eh
Ratu : Mang Knapa? Emang si kunkun udah tua, tetapi dia punya pacar ko, tapi akan lebih baik kita buat sayembara saja. Udah jangan banyak omong umumkan keseluruh negeri bahwa di negeri kita Akan diadakan sayembara putri ratu, barang siapa yang dapat menyanyi paling bagus itu akan menjadi suami putri raja. hihihihih
P : ampun tuanku akan kami laksanakan tuanku, eh eh eh

ADEGAN 3
Setting : di alun-alun kerajaan
Deskripsi Suasana : Ponggawa kerajaan mengumumkan Sayembara Puteri
Masyarakat kerajaan berkumpul dialun-alun kerajaan

P : wahai penduduk negeri kunti lanak khususnya yang berjenis kelamin
laki-laki. Kerajaan akan mengadakan sayembara. Barang siapa yang bisa
menyanyi sampai ratu kuntilanak terpana yang itulah yang akan di nikahkan kepada putri kun kun.

Dismbut dengan gembira penduduk negeri kunti dengan ketawa yang khas kunti lanak

ADEGAN 4
Setting : Taman kerajaan
Deskripsi Suasana : Putri Kun Kun Bertemu dengan Mas Pocong

Putri : Mas tolong aku mas
MP : ada apa neng? ( lagam bahasa sunda suara laki-laki)
P : aku mau disayembarakan mas
MP : Hah……………….gimana atuh neng? Oh gini we atuh
Jangan kecewakan hati sang ratu, ikuti saja mau dia
P : trus gmn?
MP : Pas dah ada pemenang neng pura2 kebelakang tus kita kabur
P : aw aw aw bener juga nich si Mas Pocong, emang mas pocong pacar
Akuw yang paling baik. Makasih ya Mas Pocong

ADEGAN 5
Setting : Halaman kerajaan
Deskripsi Suasana : sayembara putri, ratu dengan putri duduk di kursi kerajaan

Pembawa acara: hadirin yang saya hormati tiba saatnya acara yang dinanti-nanti gebyar akbar di negeri kita kalau bukan sayembara KUNTILANAK hihihihihihih
Penonton riuh tepuk tangan……………………………prok prok prok

Sebelum kita mulai saya bacakan dulu Tata Tertibnya atau UUDnya
1. Peserta menyanyikan 1 buah lagu diringi dengan joget khas peserta
2. Memakai baju sesuai bangsa masing-masing
3. Menyanyi dengan jelas dan tidak sambil makan preman eh permen
4. Menyanyi sesuai undian
Kami panggil peserta pertama:
1. Pocong
2. Jurig Jarian
3. Genderewo
Semuanya menyanyi dan menari menampilkan kepiawannya Akhirnya sayembara itu dimenangkan oleh genderewo. Waktu pembawa acara memanggil Putri Kunkun, putri tidak ada ditempat, telah pergi bersama mas pocong kekasihnya. Dari kejauhan ( pinggir pangggung) mereka saling berpegangan tangan dan bersiap untuk lari (sepatunya dijinjing).

Ratu berkata: Hai Kun Kun ini jodohmu Sang Genderewo pemenang sayembara ini, buka dia.
Kunkun : emang gue pikirin mama, jodoh ga bisa diatur atur ma.
MP : iya bu jodohmah ditangan Tuhan
Genderewo : dengan sedikit menangis dia menyanyikan sebuah lagu “……”
Kunkun : met tinggal Ewo Mets Tinggal Mama Lup yu Beibz daahhh.hihihihihhih
Mereka berlari meninggalkan panggung
Ewo : wah gagal kawin euy………………………………………………….

End

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: