SILABUS SASTRA

21 01 2010

89. Mata Pelajaran Sastra Indonesia untuk Sekolah Menengah Atas
(SMA)/Madrasah Aliyah (MA) Program Bahasa
A. Latar Belakang
Mata pelajaran Sastra Indonesia berorientasi pada hakikat pembelajaran sastra yang menyatakan bahwa belajar sastra adalah belajar menghargai manusia dan nilai-nilai
kemanusiaannya. Oleh karena itu, pembelajaran sastra Indonesia diarahkan kepada
usaha untuk menimbulkan pemahaman dan penghargaan terhadap hasil cipta manusia
Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Sastra Indonesia ini merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,
keterampilan bersastra, dan sikap positif terhadap sastra Indonesia. Standar kompetensi
ini dimaksudkan agar peserta didik terbuka terhadap beraneka ragam informasi tentang
sastra yang hadir di sekitar kita, dapat menyaring yang berguna, dan menyadari akan
eksistensi budayanya sehingga tidak tercabut dari lingkungannya.
Dengan standar kompetensi ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan,
kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap karya
sastra;
2. guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi kesastraan
peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan apresiasi sastra dan sumber
belajar;
3. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kesastraan sesuai
dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program
kesastraan di sekolah;
5. sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kesastraan sesuai dengan
keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kesastraan sesuai dengan
kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional.
B. Tujuan
Sastra memungkinkan manusia mampu menjadikan dirinya sebagai manusia yang utuh,
mandiri, berperilaku halus, bertoleransi dengan sesamanya, dan menghargai orang lain
sesuai dengan harkat dan martabatnya. Oleh karena itu, pembelajaran sastra Indonesia
diarahkan kepada pembentukan peserta didik yang berpribadi luhur, memiliki
pengetahuan kesastraan, dan bersikap positif dan apresiatif terhadap sastra Indonesia.
735
Mata Pelajaran Sastra Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1. Memahami, dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian,
memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan
kemampuan berbahasa
2. Mengekspresikan dirinya dalam medium sastra
3. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan
intelektual manusia Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Sastra Indonesia di SMA/MA Program Bahasa terdiri
atas aspek kesastraan dan apresiasi sastra. Apresiasi sastra mencakup dua kegiatan
yang bersifat reseptif dan produktif. Keduanya berhubungan dengan empat
keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, menulis. Materi
yang diberikan mencakup berbagai genre sastra, baik sastra modern maupun sastra
klasik. Untuk memperdalam pemahaman terhadap sastra, sampai akhir pendidikan di
SMA/MA, peserta didik sekurang-kurangnya telah membaca sepuluh buku sastra.

About these ads

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: